Senin, 13 Agustus 2012

Pengaruh SNSD Telah Sampai di Remaja Korea Utara


Dengan K-Pop yang mulai menyebar ke pasar internasional, pengaruhnya tampaknya juga sampai di negara tetangganya, Korea Utara!
Laporan terbaru oleh Free North Korean Radio mengungkapkan bahwa SNSD adalah salah satu artis terpopuler di antara remaja Korea Utara. Pada tanggal 10 Agustus, radio tersebut membandingkan SNSD versi Korea Utara bernama Moranbong Band dan mengomentari bahwa mereka masih punya jalan panjang dalam hal mendekati popularitas yang telah didapatkan SNSD.
Band tersebut sebenarnya mengalami perubahan yang luas di bawah arahan Kim Jung Eun dan menampilkan terobosan acara yang melibatkan rok mini dan atasan yang mengekspos bahu mereka.
Dalam sebuah wawancara, sumber Pyongyang menyatakan,Banyak murid-murid dari Universitas Kim Il Sung dan Perguruan Tinggi Kim Hyung Jik tahu semua nama member SNSD. Beberapa murid justru menggunakan nama para member menggantikan nama mereka sendiri.”
Mereka melanjutkan, “Di Pyongyang, remaja dapat ditemukan sedang membawa USB dengan lagu idola Korea dan MV (di dalamnya). Selama pesta ulang tahun atau perkumpulan besar, sangat populer untuk memasang USB tersebut ke komputer dan mengikuti bersama. Karena itu, USB telah menjadi produk yang laris terjual.”
Pada tanggal 27 Juli, penampilan Moranbong Band disiarkan di TV dalam upaya untuk mengarahkan perhatian kembali ke musik Korea Utara, namun ini hanya memicu ketertarikan pada idola K-Pop di antara pemuda-pemudi Korea Utara. Agensi pemerintah mengabaikan aspek budaya muda ini.
Sumber menambahkan, “Kartu memori 4GB yang dipenuhi penampilan SNSD dijual seharga $18, sedangkan yang 8GB memiliki harga $20~22. Mereka sedang dipesan oleh massa.”
Untuk tetap sesuai dengan tren, toko-toko di mal populer telah mulai menambah stok USB ini. “Baru saja sampai dua tahun lalu, lagu-lagu oleh Na Hoon Ah, Tae Jin Ah, dan Joo Hyun adalah yang terpopuler, namun akhir-akhir ini, lagu-lagu oleh SNSD, 2PM, TVXQ adalah tren. Meskipun lagu-lagu sulit untuk dinyanyikan bersama dan mereka tak mengetahui makna liriknya, para remaja senang meniru gerakannya.”

source:koreanindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

calendar

calendar
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...